Berbagai Profesi di Bidang Supranatural

1452114_10152135254523322_1301403149_n

 

(Share) Berbagai Profesi di Bidang Supranatural 

Paranormal atau Konsultan Supranatural, Sebuah pandangan
source: Pendekar Muda

Sebelum memulai tulisan ini sebelumnya saya tekankan, bahwa saya memisahkan antara terminologi paranormal dan konsultan suprantural. Dibawah ini saya jelaskan makna dari pemisahan terminologi tersebut;

Paranormal, adalah sesorang yang memiliki kemampuan untuk mengenal dan menyelami dan memanfaatkan segala sesuatu yang bersumber, atau berkaitan dengan metafisika atau suprantural.

Konsultan Supranatural, adalah sesorang yang profesinya bergerak dalam pelayanan masalah metafisika atau supranatural.

Bila kita melihat fenomena perkembangan bisnis dunia suprantural ini di banyak media massa sekarang ini teramat pesat. Apalagi di media-media tertentu iklan-iklan yang berkaitan dengan konsultan supranatural ada sampai yang diulang-ulang atau mengambil 2 – 3 halaman sekaligus. Kemudian mungkin akhirnya sebagian dari kita timbul pertanyaan, apakah supranutal ini boleh untuk di bisniskan atau tidak? Jawaban atas pertanyaan ini saya kembalikan kepada masing-masing individu, tetapi mari tidak ada salahnya menyimak pandangan saya ini.

 

Konsultan Supranatural adalah Bisnis Jasa

Seperti layaknya profesi konsultan lainnya seperti konsultan IT, Keuangan, Manajemen, Hukum dan lain-lain adalah suatu bentuk bisnis berbasis jasa pelayanan keahlian tertentu. Mengapa kita memerlukan para konsultan ini? Ada 3 jawaban pokok atas pertanyaan ini;

1. Karena mereka memang ahli dan menguasai di bidangnya.
2. Karena mereka memang sudah accountable dan credible di bidang yang mereka layani. Sehingga layanan mereka bisa dipertanggungjawabkan.
3. Karena mereka menjual waktu mereka untuk melayani kebutuhan kita.
4. Obyektifitas

Misal saya ambil contoh dalam bidang hukum. Saya pribadi adalah seorang sarjana hukum dan cukup menguasai permasalahan hukum tetapi ada 3 alasan kenapa saya tetap menggunakan jasa konsultan hukum untuk membereskan permasalahan saya dalam bidang hukum;

1. Saya tahu hukum tetapi bukan praktisi hukum, karena itu ada kisi-kisi hukum yang lebih diketahui mereka yang sehari-harinya memang berpraktek hukum.
2. Mereka yang sehari-hari berpraktek hukum untuk umum, mempunyai kredibilitas yang harus dipertanggungjawabkan kepada public, karena itu mereka akan mengambil keputusan-keputusan hukum yang terbaik saya yang tidak harus betanggungjawab pada siapa-siapa.
3. Saya belum tentu punya waktu untuk mengurusi hal-hal hukum karena itu bukan profesi saya. Saya dibayar orang lain untuk mengerjakan hal-hal yang berbeda karena itu saya membayar waktu orang lain untuk mengerjakan masalah hukum saya.
4. Obyektifitas dari konsultan hukum akan jauh lebih baik daripada saya yang menangani sendiri dikarenakan sentiment pribadi atau subyektifitas saya akn ikut terlibat di dalamnya.

Atas dasar yang sama seperti saya sebutkan diatas, maka saya juga menggunakan jasa layanan konsultan supranatural untuk menyelesaikan urusan supranatural saya.

 

Nilai Dari Layanan Supranatural
Bicara masalah tarif yang dikenakan untuk layanan supranatural adalah sangat sama seperti layanan konsultasi lainnya. Sekali lagi saya analogikan dengan bisnis konsultan hukum. Dalam pemberian layanan hukum, selain layanan berupa dokumen, persidangan, dan lainnya mereka juga menangani konsultasi wicara. Misal saya menelpon pengacara saya untuk mendapatkan nasehat hukum lewat HP saya, itu bukanlah pembicaraan yang gratis melainkan saya harus membayar (dengan Dollar US) setiap menit yang saya habiskan selama pembicaraan tersebut. Artinya pada bisnis konsultasi supranatural dapa juga berlaku hal yang serupa.

 

Ada beberapa aspek yang menyebabkan timbulnya nilai dari layanan tersebut;
1. Kerumitan dari permasalahan yang ditangani.
2. Waktu yang diperlukan untuk penyelesaian.
3. Biaya yang dikeluarkan konsultan untuk menangani permasalahn tersebut termasuk di dalamnya penilaian alat yang digunakan.
4. Brand equity (Ekuitas Merek).

 

Dalam penjabarannya adalah sebagai berikut;
1. Makin rumit suatu masalah maka keahlian yang digunakan juga makin memerlukan keahlian yang lebih besar, ini tentu saja berpengaruh pada besar kecilnya nilai jasa. Makin rumit makin besar nilainya.

2. Makin lama penyelesaian suatu masalah berarti makin lama waktu yang terbuang untuk klien yang bersangkutan sehingga layanan untuk pihak lainnya jadi ikut tertunda dan ini juga mempengaruhi besar kecilnya nilai jasa.

3. Biaya yang dikeluarkan untuk menyelesaikan suatu masalah jelas adalah di luar tanggung jawab konsultan, karena konsultan hanya menjual keahliannya. Jika dalam prakteknya konsultan harus mengeluarkan biaya tertentu, maka itu harus ditagihakan kembali kepada klien pengguna jasa.

4. Ekuitas merek ini sangat berkaitan dengan kredibilitas dari konsultan tersebut. Makin dikenal konsultan tersebut oleh publik maka makin besar pula tanggung jawab-nya terhadap public. Dalam hal ini setiap keahlian yang bisa dipertanggungjawabkan kepada public yang lebih besar makan akan makin besar pula nilainya.

Karena hal-hal di atas sebaiknya para pengguna jasa konsultan supranatural dapat memahami mengapa nilai dari masing-masing konsultan berbeda-beda, ada yang mahal sekali ada juga yang bahkan hampir gratis. Nah biasanya yang hampir gratis ini lebih dikarenakan ada nilai-nilai tertentu yang ditanamkan oleh si konsultan seperti nilai persahabatan dan persaudaraan. Sebagai analaogi anda pakai jasa Price Waterhouse Coopers untuk konsultasi keuangan akan jauh lebih mahal dibandingkan pakai jasa Haryono dan teman.

 

Bisnis Layanan Supranatural di Masa Depan
Di masa depan layanan supranatural Indonesia akan jauh lebih berat. Selain tantangan dari pandangan masyarakat yang miring tentang segalah hal yang berbau klenik ditambah lagi dengan banyaknya muncul konsultan supranatural palsu atau asli tetapi karbitan. Karena itu ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh masyarakat supranatural Indonesia untuk menghadapi tantangan ini.

 

Hal2 tersebut adalah;
1. Meningkatkan kredibilitas suprantural di Indonesia
Caranya bisa dilakukan dengan memberikan seleksi yang ketat bagi mereka yang terjun dalam bisnis supranatural ini untuk mencegah adanya ahli-ahli palsu atau yang karbitan yang akhirnya malah merusak kredibilitas Supranatural di Indonesia. Selain itu para ahli supranatural di Indonesia juga harus mampu memberikan layanan yang sesuai janji jangan “over promise under delivered” sehingga menimbulkan ketidakpuasan konsumen. Akan jauh lebih baik jika si konsultan bersangkuta memberikan layanan sesuai spesialisasinya jangan jadi “Paranaormal Palugada” (aPa Lu minta Gua Ada) akhirnya malah gara-gara ngejar bisnis kepuasan konsumen tidak terpenuhi.
2. Menjadi penjual jasa keahlian bukan ilmu atau barang.
Dalam bisnis konsultan IT banyak terjadi hal seperti ini, begitu klien datang dengan masalah mereka si konsultan menawarkan klien untuk menggunakan aplikasi/software dimana mereka menjadi reseller-nya, pada akhirnya kadang kerap terjadi masalah si klien tidak terpecahkan malah akhirnya investasi sia2 di bidang IT. Begitu juga di dunia supranatural, begitu klien datang dengan masalahnya terkadang bukannya diobversasi dulu masalahnya malah ditawarin ilmu macam2 atau jimat tertentu dengan mahar yang bervariasi. Akhirnya bukan masalah klien yang teratasi malah klien merasa tertipu karena sudah memberi mahar tetapi masalahnya tida teratasi.
Kuncinya ada di emotional experience, klien yang datang dengan masalah ditanggapi akan merasa delighted sekalipun masalah mereka belum terpecahkan. Terkadang yang penting bagi konsumen adalah “didengarkan”.
3. Meningkatkan professional-isme dari para konsultan supranatural.
Banyak dari pelaku konsultan supranatural bersikap tidak professional dalam menangani masalah klien. Sikap tersebut tercermin misalnya;
a. Mengacuhkan konsumen karena merasa dirinya paranormal hebat dan dibutuhkan orang banyak.
b. Tidak mengembangkan keilmuan supranaturalnya, jadinya ilmunya mandeg.
c. Lebih mementingkan materi dibandingkan layanan.
d. Bersikap segalanya bisa padahal tidak ada manusia yang sempurna.
4. Mengembangkan pasar suprantural dari individual menuju pasar korporat.
Sudah saatnya kaum supernatural di Indonesia mampu tidak hanya menangani permasalahan individual tetapi juga mampu menangani masalah korporat atau perusahaan besar. Untuk itu kaum suparantural di Indonesia harus mengathui persisnya kebutuhan suprantural yang dibutuhkan oleh korporat sehingga akhirnya dapat memberikan layanan yang terbaik.

 

Sebagai ilustrasi sebuah perusaan Nasional Indonesia yang termasuk dalam ukuran terbesar dengan inisial *M (sengaja saya samarkan) menggunakan jasa konsultan supranatural dari Cina untuk memberikan nasehat atas hal-hal sebagai berikut;
a. Lokasi pendirian tempat usaha baru, bentuk gedung, warna, dan sebagainya.
b. Nama anak perusahaan yang baru.
c. Logo perusahaan.
d. Bahkan di perusahaan tersebut mempunyai kalender tersendiri yang digunakan internal. Dimana di kalender tersebut sudah diberi tanda hari-hari dimana boleh melakukan meeting, pendirian usaha baru, peluncuran produk baru, dan hari-hari sial buat perusahaan sesuai dengan nasehat konsultan supranatural tersebut.
e. Dan banyak lagi jasa lainnya yang tidak bisa disebutkan disini.

Yang menyedihkan bagi saya kenpa mereka harus menggunakan jasa konsultan supranatural asing? Dimana para konsultan supranatural Indonesia?

Sekiranya itu saja yang ingin saya sampaikan. Dari lubuk hati yang paling dalam saya memohon maaf bila ada kesalahan kata2 atau menyinggung pihak dalam penulisan saya, sesungguhnya itu bukan maksud saya.

(Source: Pendekar Muda)

Pengisian/Aktivasi melalui Skype
Pembersihan Rumah