Kesenian Sunda

Meresapi sejenak ……

energi yang mengalir melalui tembang” Sunda

 

sunda_2

 

Alat musik kecapi berasal dari negara China dengan nama Guzheng. Alat musik ini sampai ke masyarakat Indonesia tepatnya ke tanah sunda.

Kecapi sunda biasa dimainkan sebagai alat musik utama dalam tembang – tembang sunda, mamaos cianjuran dan kecapi suling. Umumnya kecapi sunda dipakai untuk mengiringi lagu – lagu yang lembut dan mendayu.

sunda_3

 

Berdasarkan bentuknya, kecapi ada dua macam yaitu Kecapi Parahu dan Kecapi Siter. Kecapi perahu memiliki bentuk yang menyerupai perahu. Terdapat lubang dibawahnya sebagai resonator yang memungkinkan suara keluar.

Sisi-sisi kecapi disambung dengan menggunakan lem. Sedangkan pada jaman dahulu, kecapi dibuat langsung dari bongkahan kayu yang di pahat.

Kecapi siter memiliki bentuk yang lebih ramping yakni berbentuk bidang rata yang sejajar. Sisi bagian atas dan bawahnya dibentuk mengikuti bangun trapesium. Sama seperti kecapi perahu, kecapi siter juga mempunyai lubang resonator di bawahnya.

Keduanya menggunakan dawai yang diikatkan pada sekrup kecil di bagian kanan kotak. Sekrup – sekrup ini berfungsi sebagai kontrol, mereka bisa diatur ke berbagai sistem, baik itu pelog, salendro atau madenda.

 

sunda_1

sunda_5

 

Hening sejenak

sunda_4

 

Video

 

Borobudur
Angklung, Pasar Modern BSD City