Makam Mbah Bolong

sunanampel_2a_zpsceca81dd

 

Di dalam komplek makam Sunan Ampel terdapat petilasan atau jejak kaki para wali 9 dan beberapa makam yang konon memiliki cerita yang unik dan menarik. Misalnya, kisah tentang Mbah Bolong. Mbah Bolong atau Shonhaji adalah murid Sunan Ampel. Makamnya terletak di sebelah depan Masjid Agung Sunan Ampel.

Saat pendirian masjid kala itu, Beliau dipercaya Sunan untuk mengatur letak pengimaman. Setelah masjid berdiri, sebagain teman Shonhaji ini masih meragukan letak kiblatnya. Lalu, bertanyalah mereka kepada Shonhaji, “Apa betul letak kiblat masjid ini?”

Kemudian Shonhaji melubangi dinding pengimaman di sebelah barat, seraya berkata, “Lihat melalui lubang ini Ka’bah dapat terlihat”.

Teman-teman Shonhaji lalu berdatangan dan melihat ke arah lubang ternyata tampak oleh mereka bangunan Ka’bah. Setelah peristiwa yang menakjubkan itu Shonhaji dijuluki Mbah Bolong.

 

Bersama ponakan dan bunda kami ….

sunanampel_03_zps425fcee0

 

 

Video

————————————–

 

Kisah tentang Mbah Sholeh. Semasa hidupnya, beliau sebagai seorang tukang sapu Masjid Ampel. Makamnya ada 9 yang semuanya merupakan makam Mbah Sholeh. Letaknya ada di sebelah timur masjid.

Ketika Mbah Sholeh wafat, beliau dimakamkan di depan masjid. Suatu ketika lantai masjid kotor, berkatalah Sunan Ampel kala itu “Andai saja Mbah Sholeh masih hidup tentu masjid ini terjaga kebersihannya”.

Tiba-tiba Mbah Sholeh hidup dan terlihat sedang menyapu di pengimaman. Beberapa bulan kemudian, Mbah Sholeh wafat dan dimakamkan di sebelah timur makamnya yang dulu.

Kalimat yang sama diucapkan kembali oleh Sunan Ampel sehingga Mbah Sholeh hidup kembali. Setelah makam beliau ada 8 maka wafatlah Sunan Ampel.

Beberapa bulan kemudian, Mbah Sholeh wafat sehingga jumlah makamnya sebanyak 9. Makam terakhir beliau inilah yang berada paling timur.

Begitulah cerita tentang keajaiban Mbah Bolong dan Mbah Sholeh secara turun-temurun hingga terdengar sampai sekarang.

Syech Kholil, Bangkalan, Madura
Sunan Ampel, Surabaya, Jawa Timur