Menyelusuri Zaman Keemasan Majapahit_2

 

Pusat Informasi Majapahit

Koleksi Museum 
Sesuai dengan sejarahnya, koleksi pusat Informasi Majapahit didominasi oleh benda cagar budaya peninggalan Majapahit. Melalui peninggalan tersebut dapat beberapa aspek budaya Majapahit dapat dikaji lebih lanjut, seperti bidang pertanian, irigasi, arsitektur, perdagangan, perindustrian, agama dan kesenian. Keseluruhan koleksi tersebut ditata di gedung, pendopo maupun halaman museum. Berdasarkan bahannya koleksi Museum Trowulan yg dipamerkan dapat diklarifikasikan menjadi beberapa kelompok.

1.Koleksi Tanah Liat (Terakota)
a.Koleksi Terakota Manusia
b.Alat” Produksi
c.Alat” Rumah Tangga
d.Arsitektur

2.Koleksi Keramik yg dimiliki oleh Pusat Informasi Majapahit berasal dari beberapa negara asing seperti Cina, Thailand & Vietnam. Keramik” tersebutpun memiliki berbagai bentuk dan fungsi, seperti guci,teko, piring, mangkuk, sendok dan vas bunga.

3. Koleksi Logam
Koleksi Benda cagar budaya berbahan logam, seperti koleksi mata uang kuno, koleksi alat” upacara seperti bokor, pedupaann, lampu cermin, guci dan genta dan koleksi alat musik.

4. Koleksi Batu
Koleksi miniatur, dan komponen candi candi koleksi arca. koleksi relief, koleksi prasasti.

 

Majapahit_18 Majapahit_20 Majapahit_31 Majapahit_33a Majapahit_34 Majapahit_36 Majapahit_39

Majapahit_42Majapahit_47 Majapahit_56 Majapahit_57 Majapahit_58 Majapahit_59 Majapahit_60

 

Situs Pemukiman BPA

berada di halaman sebelah selatan Museum Trowulan, yang secara administratif termasuk Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Situs ini memperlihatkan sisa bangunan permukiman yg sangat menarik. Denah bangunan segi empat, berukuran panjang 5,2 m dan lebar 2,15 m. Kapasitas ruang ini relatif sempit bila dijadikan tempat tinggal, paling banyak ditempati 2-3 orang, seperti hal ini masih dapat disaksikan di Bali sekarang ini. Tangga terdiri dari 3 undakan, menempel di sisi utara Batur. Lantai Bangunan tidak ditutup oleh Bata, kemungkinan sudah hilang, hanya dijumpai perkerasan tanah padat yg bercampur pecahan kecil tembikar dan bata.

 

Majapahit_62

Majapahit_64

 

 

Situs Sentonorejo

Situs_1

Merupakan peninggalan Majapahit yg berupa hamparan ubin (lantai) dan sisa dinding Bangunan. Lantai bangunan kuno tsb +/- 1,80 m di bawah permukaan tanah sekitarnya. Hal menarik dari tinggalan kuno ini ubinnya berpenampang segi enam, lebat tiap sisi 6 cm dan tebal rata” 4 cm bahannya terbuat dari Tanah Liat bakar.

Situs_2

Diperkirakan ini merupakan rumah tinggal pada masa itu.

Situs_3

 

 

Situs pendopo Agung

Gerbang luar

Majapahit_65

Gerbang dalam …

Majapahit_66

Majapahit_1-1

 

Situs Pendopo Agung …..

Termasuk wilayah Dusun Nglinguk, Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Nama Pendopo Agung diberikan pada situs ini karena pada saat ini telah berdiri pendopo yang didirikan pada 15 Desember 1966 atas prakrasa Kolonel Sampurno. Pendirian bangunan ini dengan berdasar pada umpak-umpak yang ditemukan di situs, yang menurut anggapan mereka pada zaman dahulu pasti berdiri Pendopo yg sangat besar yg layak menjadi Pendopo Keraton.

Di depan Pendopo, didirikan Patung R. Wijaya sebagai pendiri kerjaan Majapahit dan di belakangnya terdapat relief” Gajah mada sedang melakukan sumpah Amukti Palapa.

Majapahit_2-1 Majapahit_3-1 Majapahit_4-1 Majapahit_5-1

Majapahit_67b

Majapahit_67a

 

Batu cancangan Gajah….

Majapahit_77

 

 

 

 

Menyelusuri Zaman Keemasan Majapahit_3
Menyelusuri Zaman Keemasan Majapahit_1