Proses Pembuatan Film Dokumenter Candi Kidal

 

Bersama rekan” Malang

 

Candi Kidal yang  Indah

Candi kidal adalah candi bekas peninggalan kerajaan Singasari. Disebut candi kidal karena tempat candi itu berdiri namanya Kidalrejo. Candi ini terletak di desa Rejokidal, kecamatan Tumpang, 20 km dari Malang, Jawa timur.  Candi ini dibangun pada tahun 1248 Masehi bersamaan dengan upacara cradha, yaitu upacara pelepasan arwah yang terakhir. Candi ini dibangun untuk menghormati Raja Anusapati(Raja singasari ke-2) yang sudah meninggal dan didharmakan di candi Kidal.

 

foto bersama ….

 

Bro Adhi slamet dan shinta

 

Silih berganti ………..

memasuki tubuh medium kami

 

Dalam Hening … dalam rasa …..

salam permisi

 

Sekilas asal-usul:

Raja Anusapati adalah anak dari Ken Dedes dan Raja Tunggul Ametung. Saat anusapati dikandung, ayahya dibunuh oleh Ken Arok(raja singasari), lalu Ken Dedes dijadikan istrinya. Saat anusapati lahir, kejadian aslinya gak dibicarakan, sehingga anusapati tak tau kalau dia adalah anak dari Ken Dedes dan Tunggul Ametung. Tapi suatu saat berita itu terbongkar. Anusapati sangat marah dan mensiasati untuk membunuh Ken Arok. Akhirnya Ken Arok mati dibunuh oleh Pengawal kerajaan suruhan anusapati. Kematian Ken Arok membuat anusapati menjadi raja singasari yang baru. Saat kerajaan dipimpin oleh anusapati, tanah jawa kokoh Sentosa (seperti yang terdappat dalam kitab negarakertagama). Tapi berita terbunuhnya Ken Arok oleh anusapati diketahui oleh anaknya Ken Arok, Tohjaya, akhirnya Anusapati mati terbunuh oleh Tohjaya.

Candi Kidal terbuat dari batu andesit. Candi ini dibagi jadi 3 bagian, yaitu kaki(bhurloka), badan(Bwahloka), dan atap(swahloka). Badan candi lebih kecil dari luas kaki serta atap candi, jadi keliatan lebih ramping. Diatas pintu masuk dan bilik-bilik candi terdapat Kala. Yaitu salah satu jelmaan dewa Siwa sebagai penjaga bangunan suci. Dibagian badan terdapat relung(tempat unutk menaruh sesajian).

Di candi kidal terdapat relief garudheya, yang jika dijelaskan adalah cerita anusapati yang ingin membebaskan ibunya dari penderitaan.

 

enerji kuda lumping ….. membuat kami bergerak ..

 

 

Behind The Scene

Vlog

The Making of ….

Spirit Pewayangan
Prambanan