Sumber Panganten, Jombang, Jawa Timur

Jalanan yang kurang bagus … membuat kami off road…. hampir terjatuh

Harapan kami ….. perbaikan jalan ke tempat ini

 

 

Sumber Panganten, Jombang

ada sepasang pengantin yang sedang memadu kasih atau sekarang lebih dikenal dengan bulan madu, saat mereka mandi dan berjalan bersama ke tengah-tengah kolam, tiba-tiba mereka tenggelam dan menghilang begitu saja. Dari semenjak itu, masyarakat sekitar menamai sumber air tersebut dengan Sumber Panganten, dan semenjak saat itu pula, masyarakat sekitar selalu malakukan ritual-ritual khusus untuk keselamatan warga sekitar.

Banyak wisatawan yang mengunjungi tempat wisata di jombang jawa timur ini, tidak hanya sekedar untuk berekreasi, tetapi banyak juga yang meyakini bahwa Sumber Panganten ini memiliki kekuatan magic, maka tidak aneh jika banyak orang yang memanfaatkan hari-hari tertentu untuk sekedar bertapa dan mandi dikolam ini. Konon katanya, jika anda membasuh wajah anda dengan air yang ada dikolam ini, aura wajah anda akan semakin terpancar indah.

Sumber Pengantin …

Suatu hari tersiar kabar kalau ada murid SMP yang tiba2 hilang waktu dia istirahat , sehabis berenang ,dibawah pohon beringin besar . Dia seorang remaja putri Suasana jadi kisruh,orangtua pada ketakutan, dan semua melarang anak2-nya untuk berenang di Sumber Penganten. Dicarinya gadis itu kepelosok daerah sekitar, tapi tidak juga ketemu. 3 hari kemudian , dia diketemukan dibawah pohon beringin itu , segar bugar tak kurang suatu apapun. Waktu ditanya , dia berceritera : Dia keheranan, ketika dia ada disebuah rumah didaerah yang tidak ia kenal. Ada seorang ibu yang berpakaian busana kuno dan diapun cepat2 disuruh ganti baju yang sudah tersedia , busana itu cukup bagus. Katanya Raja Majapahit akan melewati daerah itu dan rakyat akan menyambut dan menghormatinya. Diapun ikut saja, kemudian dia melihat barisan berkuda lengkap , banyak prajurid memakan baju yang bagus lengkap dengan kuda yang tegap terpelihara . Kemudian terdengar derap dan derak kereta , ada kereta megah yang ditarik oleh banyak kuda dan rakyat bersembah pada Raja Majapahit yang lewat .

 

Didalam kereta tampak Sang Baginda dengan mahkotanya yang gemerlap menyilaukan lewat denga penuh wibawa. Entah mengapa dia sebetulnya merasa kerasan di kehidupan daerah itu, katanya suasananya nyaman dan tenteram. Tetapi dia disuruh pulang oleh ibu yang menemukan , karena orangtuanya pasti mencari. Dan tiba2 dia sudah berada dibawah pohon beringin itu lagi.

 

 

video

Bahasa Sumeria, Bahasa Jin
Sumberboto, Jombang, Jawa Timur