Sunan Ampel

Sunan Ampel ketika di waktu kecilnya diberi Sayyid Muhammad ‘Ali Rahmatullah, sesudah pindah ke Jawa Timur diberi panggilan oleh masyarakat dengan panggilan Raden Rahmat atau Sunan Ampel. lahir di tahun 1401 Masehi di “Champa”

 

 

Tempat Kelahiran
Terdapat 2 pendapat terkait lokasi Champa ini. menurut Encyclopedia Van Nederlandesh Indie menerangkan kalau Champa merupakan satu negeri kecil yang lokasinya di “Kamboja”. Menurut Pendapat lain, “Raffles” mengatakan bahwa Champa berada di “Aceh” yang saat sekarang dinamakan “Jeumpa”.

Asal muasal pemberian nama Ampel sendiri, disangkut pautkan dengan nama tempat yang mana dia dalam waktu lama bermukim Di sebuah daerah Ampel atau Ampel Denta, wilayah yang saat sekarang sudah termasuk dari bagian kota Surabaya tepatnya di daerah Wonokromo.

 

Nasab Sunan Ampel

Sunan Ampel bin Ibrahim Zainuddin Al-Akbar bin Jamaluddin Al-Husain bin Ahmad Jalaluddin bin Abdillah bin Abdul Malik Azmatkhan bin Alwi Ammil Faqih bin Muhammad Shahib Mirbath bin Ali Khali’ Qasam bin Alwi bin Muhammad bin Alwi bin Ubaidillah bin Ahmad Al-Muhajir bin Isa bin Muhammad bin Ali Al-Uraidhi bin Ja’far Shadiq bin Muhammad Al-Baqir bin Ali Zainal Abidin bin Al-Husain bin Sayyidah Fathimah Az-Zahra binti Nabi Muhammad Rasulullah.

 

 

Sunan Kalijaga
Mbah Bolong